Pengertian SWITCH CASE
Kondisi SWITCH CASE adalah percabangan kode program dimana kita membandingkan isi sebuah variabel dengan beberapa nilai. Jika proses perbandingan tersebut menghasilkan true, maka block kode program akan di proses.
Kondisi SWITCH CASE terdiri dari 2 bagian, yakni perintah SWITCH dimana terdapat nama variabel yang akan diperiksa, serta 1 atau lebih perintah CASE untuk setiap nilai yang akan diperiksa.
berikut contoh program dasar untuk penggunaan switch case :
public class percabangan2{
public static void main(String []args){
int x = 10; //merupakan masukkan nilai atau perintah kondisi berapa yang dipilih.
switch(x){
case 1 : //merupakan sebuah kondisi pertama yang akan diperiksa oleh program
System.out.println("satu");
break;//merupakan perintah untuk keluar atau mengakhiri program setelah kondisi terpenuhi.
case 2 : //merupakan sebuah kondisi kedua yang akan diperiksa oleh program
System.out.println("dua");
break; //merupakan perintah untuk keluar atau mengakhiri program setelah kondisi terpenuhi.
default :
System.out.println("bukan satu atau dua");
}
}
}
Hasil Outputnya:
karena inputan nilai adalah 10 maka yang tampil adalah kondisi yang default atau kondisi selain pilihan atau case yang ada sebelumnya.
contoh programnya :
import java.util.Scanner;
public class percabangan3{
public static void main(String [] args){
System.out.println("================================");
System.out.println("======PROGRAM PERCABANGAN=======");
System.out.println("================================");
System.out.println();
System.out.println("LIST BANGUN DATAR : ");
int listTerima;
Scanner input=new Scanner(System.in);
String bangundatar[]={"Luas Lingkarang","Luas Persegi","Keluar"}; //penulisan array.
System.out.println("1. "+bangundatar[0]);
System.out.println("2. "+bangundatar[1]);
System.out.println("3. "+bangundatar[2]);
System.out.print("Silahkan Masukkan Nomor List yang akan dilakukan perhitungan : ");
listTerima=input.nextInt();
/*
Percabangan
*/
switch(listTerima){
case 1 : //merupakan kondisi kode nomor 1 untuk eksekusi program menghitung luas lingkaran.
//Menghitung Luas Lingkaran
System.out.println("Menghitung Luas Lingkaran");
System.out.println("==========================");
System.out.print("Masukkan Jari-Jari => ");
double jari2,luas,pi=3.14;
Scanner terimaL=new Scanner(System.in);
jari2=terimaL.nextDouble();
luas=pi*jari2*jari2;
System.out.println("Luas Lingkaran = "+luas);
System.out.println("==========================================");
System.out.println("Proses Melakukan Perhitungan Telah Selesai");
break;
case 2 : //merupakan kondisi kode nomor 1 untuk eksekusi program menghitung luas persegi panjang
//Menghitung Luas Persegi panjang
int panjang,lebar;
Scanner terimaP=new Scanner(System.in);
System.out.println("Menghitung Luas Persegi");
System.out.println("==========================");
System.out.print("Masukkan Panjang => ");
panjang=terimaP.nextInt();
System.out.print("Masukkan Panjang => ");
lebar=terimaP.nextInt();
luas=panjang*lebar;
System.out.println("Luas Lingkaran = "+luas);
System.out.println("==========================================");
System.out.print("Proses Melakukan Perhitungan Telah Selesai");
case 3 ://
//Jika Masukan 3
System.out.print("Proses Telah Selesai Sistem Keluar");
System.exit(0);
default : //merupakan pilihan jika nilai yang diinputkan tidak ada dalam pilihan sebelum default.
//Jika Masukan salah
System.out.print("Maaf Tidak ada Kode "+listTerima+" System Akan Keluar");
System.exit(0);
}
}
}
Hasil Outpunya:
Komentar
Posting Komentar